Ide Bisnis Cemerlang Untuk Anak Kecil

Jika berbicara mengenai bisnis, memang tidak memandang usia siapa yang menjalankannya. Mulai usia belia hingga lanjut usia boleh untuk berbisnis. Bagaimana dengan bisnis untuk anak kecil? Memang akan kecil belum memiliki kewajiban untuk berbisnis, namun bukan berarti tidak boleh mendapat penghasilan bukan? Pastinya sebagai orang tua akan bangga jika buah hatinya bisa memperoleh penghasilan sendiri, bukan berarti orang tua lepas dari tanggung jawab memberikan finansial pada sang anak.

Lagi pula, ada beberapa usaha yang tidak terlalu menguras tenaga, pikiran, dan waktu. Sehingga anak masih dapat fokus dalam sekolah dan berprestasi di bidang akademik, asalkan orang tuanya pandai mendidik dan mengawasi. Nah, jika Anda mengizinkan anak Anda untuk berbisnis, maka mulailah dengan jenis usaha yang tidak terlalu susah untuk dilakukan oleh anak yang masih duduk di sekolah dasar sekalipun, dibawah ini ada beberapa Ide Bisnis Cemerlang Untuk Anak Kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Ketimbang penasaran, simak ulasan lengkapnya.

Jualan Pulsa Telepon

Berjualan pulsa telepon memungkinkan untuk dijalankan oleh anak-anak. Apalagi anak-anak kecil zaman sekarang sudah pandai menggunakan handphone bahkan semenjak masih TK (Taman Kanak-Kanak). Anda hanya perlu mendaftar menjadi agen pulsa elektrik atas nama Anda. Kemudian, biarkan anak Anda yang menjalankan usaha tersebut. Entah pada teman-temannya atau tetangga di sekitar rumah atau bahkan saudara.

Online Shop di Instagram

Pengguna media sosial Instagram setidaknya harus berusia 17 tahun ke atas. Jika umur anak Anda di bawah itu, Anda bisa membantu membuatkannya akun yang akan dipakai sebagai online shop atau toko online. Sementara untuk barang yang dijual, bisa dimulai dengan barang anak-anak. Seperti aksesoris anak dan mainan anak seperti slime. Tentunya, anak Anda tidak akan mengelolanya sendiri. Mungkin ibu di rumah bisa mengawasi pengunaan media sosial, menolong persediaan barang jualan, memeriksa pembayaran, dan mengantarkan pesanan. Sedangkan anak selalu bertugas untuk mengunggah gambar barang yang dijual,menjawab komentar, dan menulis pesanan.

Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan adalah ide bisnis untuk anak-anak yang kreatif. Bukan hanya dijalankan sebagai hobi, tetapi dapat dijadikan kesempatan bisnis yang menjanjikan. Orang tua bisa membantunya untuk menjual hasil karya-karya tangannya. Ini akan menjadi suatu kebanggaan jika barang kerajinan tangan anak Anda dihargai oleh orang lain dan tentunya memiliki nilai jual.

Menjadi Blogger

Anak-anak yang tidak asing dengan media sosial sejak kecil, bisa diarahkan untuk berkarya melalui media sosial. Jika anak Anda suka menulis, ajarkan dia untuk membuat sebuah blog dan memenuhi kontennya. Secara otomatis jika blog terebut bisa menembus google adsanse, maka anak bisa memperoleh penghasilan melalui blog tersebut.

Bisnis Sewa Buku

Sebagai orang tua, Anda tentu akan membelikan buku-buku bacaan yang mendidik dan menghibur untuk anak Anda. Daripada sehabis dibaca hanya menjadi pajangan didalam lemari, maka lebih baik ajarkan untuk menyewakan buku. Anak Anda bisa mulai menyewakannya untuk teman-temannya di sekolah. Harga sewa tentunya jangan dipatok terlalu tinggi, sebab yang menyewa masih anak-anak. Anggap saja bisnis ini hanya sebagai usaha sampingan untuk meningkatkan uang jajan anak Anda atau untuk ditabung.

Nah, itulah tadi beberapa Ide Bisnis Cemerlang Untuk Anak Kecil. Sebagai orang tua, Anda harus memantau dan tetap mengingatkan bahwa prioritas anak adalah sekolah bukan berbisnis untuk mendapatkan uang. Jadi, untuk memulai bisnis tidak lebih hanya sebagai sarana belajar dan melatih kreativitas sang anak. Selama masih positif baginya, maka boleh saja Anda mengizinkannya untuk berbisnis dari kecil. Semoga bermanfaat.