Memahami Faktor kegagalan Pebisnis Pemula

Setiap melangkah dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya Anda akan dihadapkan pada dua hal. Entah Anda akan memperoleh keuntungan atau bahkan merugi. Terlagi Anda adalah pebisnis pemula, Anda pastinya mengharapkan keuntungan berpihak pada diri Anda.

Jangan hanya melihat positifnya saja, Anda harus siap jika kegagalan juga menjadi sebuah hal yang mungkin terjadi pada bisnis Anda. Sehingga Anda wajib mengantisipasi sebuah resiko dengan cara menghindari kekeliruan dalam berbisnis. Oleh karena itu, Pahami Faktor kegagalan Pebisnis Pemula yang sering terjadi pada pebisnis yang baru mengawali bisnis perdananya dan pastinya wajib Anda hindari faktor kegagalan tersebut.

Perencanaan yang Buruk

Banyak orang yang tidak berhasil menjalankan bisnis pertamanya akibat pelaku bisnis tersebut tidak menyiapkan rencana bisnis yang baik dan matang. Dengan perencanaan yang kurang matang berarti Anda sendiri yang merencanakan kegagalan bisnis Anda tersebut.

Padahal, sangat penting sekali mempersiapkan sebuah strategi bisnis supaya Anda tahu apa saja yang wajib Anda kerjakan untuk mengelola bisnis Anda. Buatlah perencanaan tertulis yang detail supaya tidak ada perencanaan yang Anda luput dari perhatian Anda.

Perencanaan bisnis mencakup menetapkan lokasi bisnis, membuat SOP bisnis, perhitungan keuangan, menentukan target pasar maupun cara pemasaran produk atau jasa, dan sebagainya.

Hanya Semangat di Awal Saja

Pebisnis pemula kebanyakan semangat di awal, keselanjutannya cenderung bermalas-malasan dalam menjalankan bisnisnya. Hal tersebut merupakan contoh sikap orang yang belum serius berbisnis. Padahal, bisnis wajib dijalankan dengan sebuah komitmen. Diperlukan dedikasi untuk menjalankan sebuah bisnis baru tersebut menuju kesuksesan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis pemula jangan sampai cepat patah semangat, walau Anda mulai jenuh dan belum memperoleh hasil yang memuaskan. Ingatlah, tidak ada proses yang instan untuk sebuah kesuksesan, pasti butuh perjuangan yang ekstra untuk memperolehnya.

Peluang Bisnis yang Kecil

Banyak pebisnis pemula yang beranggapan keras untuk ingin menciptakan sebuah bisnis yang berbeda dari yang lain atau berbeda dengan bisnis yang sudah ada. Namun, tidak semua gagasan ide bisnis yang menarik akan mempunyai prospek yang baik.

Maka dari itu, lakukanlah penelitian pasar sebelum bisnis dibuka untuk mengetahui pendapat dan keinginan konsumen, serta mendapatkan gambaran apakah gagasan yang akan Anda realisasikan mempunyai peluang bagus atau tidak dalam pangsa pasarnya. Sehingga seandainya ternyata peluangnya kecil, Anda siap dengan risiko kegagalan jika Anda tetap nekat menjalankan gagasan bisnis tersebut.

Terlalu Banyak Kompetisi

Kegagalan pebisnis pemula juga dapat terjadi sebab memilih bisnis yang sedang tren. Peluangnya memang besar, namun risiko persaingannya juga besar. Sebab menjalankan sebuah bisnis yang sama dengan bisnis yang dijalankan banyak orang berarti tingkat kompetisinya juga semakin tinggi. Sebagai pebisnis baru, apakah Anda mampu merebut konsumen yang ada di pasaran?

Maka dari itu, hindari mengawali bisnis yang telah mempunyai terlalu banyak pesaing. Lebih baik jika Anda akan mengawali sebuah bisnis jangan ikut-ikutan bisnis yang sedang ramai, tapi usahakanlah cari bisnis yang berbeda yang kompetisinya lebih kecil tapi cukup menjanjikan.

Tidak Yakin dengan Bisnisnya

Keyakinan dalam menjalankan bisnis paling menentukan usaha Anda. Jika Anda sendiri saja sudah tidak yakin dengan bisnis yang akan Anda jalankan, bagaimana Anda dapat meyakinkan orang lain dengan bisnis yang Anda jalankan?

Tentu saja tidak ada bisnis yang berlangsung dengan sempurna. Pasti akan ada konsumen yang komplain terhadap produk Anda. Namun, Anda sendiri harus tetap yakin dengan opsi atau Komitmen di awal saat akan memulai bisnis. Jika terdapat sebuah kekurangan, segera perbaiki tanpa menghakimi diri sendiri bahwa Anda tidak cocok untuk berbisnis. Yakinlah bahwa bisnis Anda punya masa depan. Sehingga tidak akan mudah putus asa saat ada masalah.

Nah, oleh karena itu, Pahami Faktor kegagalan Pebisnis Pemula bagi Anda yang baru terjun ke dunia wirausaha, kiranya Anda dapat menghindari beberapa factor tersebut dalam berbisnis. Selamat berbisnis dan semoga kita berhasil!